Sukses

Gonore dan Bakterial Vaginosis
24 Oct 2015, 23:11 WIB
Pria, 34 tahun.

okter, sy mau tanya, waktu itu hasil sekret vagina istri sy ditemukan bakteri diplococcus gram negatif ekstraseluler, kemudian sy dan istri terapi obat selama 2 minggu, setelah di sekret bakteri nya sudah hilang tp berganti bakteri vaginosis dan jamur. sekarang masih menunggu hasil kultur, pertanyaan sy : 1. bagaimana cara mengetahui masih adanya bakteri diplococcus pada diri sy (pria) ? 2. apakah bakteri vaginosis berbahaya? dampaknya pada pria? termasuk PMS kah? trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Diplococcus gram negatif merupakan morfologi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae yang merupakan penyebab penyakit gonore.

Untuk mengetahui masih ada tidaknya bakteri ini dalam tubuh Anda, maka dapat dilakukan pemeriksaan melalui sediaan sekret/duh tubuh yang diambil dari penis, atau dengan melakukan pemeriksaan urin.

Sedangkan mengenai bakterial vaginosis, memang pada vagina terdapat bakteri yang memang secara alami hidup dan tumbuh, dan ketika pertumbuhannya berlebihan akan menyebabkan gejala bakterial vaginosis.

Pada dasarnya, laki-laki tidak dapat tertular bakterial vaginosis. Namun, bakteri yang menyebabkan bakterial vaginosis dapat ditularkan ke orang lain melalui kontak seksual dengan pria sebagai perantaranya.

Laki-laki dapat membawa bakteri berbahaya penyebab bakterial vaginosis dalam uretra. Kemudian Bakteri ini bisa kembali menginfeksi pasangannya atau wanita lain ketika berhubungn seksual. Jadi, meskipun Laki-laki tidak bisa tertular, tapi Laki-laki sangat berperan dalam penularannya.

Untuk itu, bila istri anda memang mengalami bakterial vaginosis, maka tidak hanya istri namun Anda juga perlu mendapatkan pengobatan. Sementara itu, disaat berhubungan intim, sebaiknya tetap menggunakan kondom sebagai pencegahan penularan kuman.

Kami sertakan artikel terkait;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar