Sukses

Anak Belum Bisa Duduk
06 Apr 2015, 14:10 WIB
Pria, 0 tahun.

Dok anak sy baru masuki usia 6bln, skg ini saat sy bantu dia duduk dan bs duduk sendiri namun hanya semenit. Anak sy blm dpt duduk sendiri, msl saat tiduran dan duduk sendiri blm terlihat bs. Stimulasi apa yg bs sy lakukan agar anak sy mampu duduk sendiri. terimakasi byk

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Umumnya bayi bisa duduk sekitar usia 6-8 bulan. Jadi masih merupakan hal yang wajar jika bayi Anda belum dapat duduk dengan sempuna.

Anda dapat membantu melatihanya duduk dengan melakukan cara-cara di bawah ini :

  • Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala
    Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.
  • Duduk
    Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar