Sukses

Sering Sakit Kepala

17 Apr 2015, 00:28 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter, saat ini saya sering sekali merasakan sakit kepala. Mata saya pun terasa panas. Dan terkadang sedikit anget dan badan lemas. Kenapa ya dokter?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. 

Apakah ada faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicu sakit kepala Anda? Anda terlebih dahulu perlu mengetahui penyebab sakit kepala Anda untuk dapat menentukan penanganan yang baik dalam mengatasi sakit kepala Anda. Perlu dibedakan apakah sakit kepala yang Anda alami merupakan sakit kepala primer atau sekunder. 

Perlu diketahui sifat kepala yang Anda alami, seperti:

  • sifat sakit kepala, 
  • lokasi sakit kepala, 
  • pemicu,
  • kapan saja keluhan muncul,
  • kapan menghilang,
  • adakah gejala lain, 
  • dll.

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf segera karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa Anda langsung.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar