Sukses

Terlambat Haid, Curiga Hamil

23 Oct 2015, 16:24 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya wanita sudah menikah 8 bulan an, saya mau tanya bulan februari 2015 kemarin saya haid tanggal 16-02-2015. nah, bulan maret ini saya belum haid sampai tanggal 24-03-2015, tapi pada malam hari di tanggal 24-03-2015 tersebut saya mngeluarkan darah seperti menstruasi, apakah itu saya keguguran, atau darah menstruasi. karena seumur hidup saya, saya belum pernah terlambat datang bulan, bahkan kalau menstruasi tiap bulannya maju terus. Dan baru kali ini saya terlambat 8 hari dan akhirnya mengeluarkan darah tersebut. apakah saya hamil atau tidak??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Darah yang keluar, bisa merupakan darah menstruasi, namun bisa juga darah akibat implantasi embrio saat terjadi kehamilan. Untuk itu, akan kami bahas mengenai perbedaanya.

Pada umumnya darah yang keluar saat implantasi hanya berlangsung sebentar dengan jumlah yang sedikit dan tidak berbentuk gumpalan.

Darah implantasi terjadi jika telur yang dilepaskan dari ovarium bertemu dengan sperma, membentuk zigot, dan menempel/berimplantasi di dinding rahim. Hal ini umumnya terjadi 10-14 hari setelah pembuahan/setelah ovulasi.  Selanjutnya, anda dapat melakukan test pack untuk memastikan kehamilan tersebut.

Jika darah yang keluar dari vagina dalam jumlah banyak, berhari-hari, dan bertepatan dengan jadwal menstruasi Anda, berarti darah tersebut adalah darah menstruasi, bukan darah implantasi. Karena jika implantasi terjadi, Anda tidak akan mendapatkan menstruasi, dan sebaliknya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar