Sukses

Komplikasi Hepatitis A

25 Mar 2015, 09:53 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok anaknya (13 th) terkena hepapatis A. tanggal 3 maret di rawat di rs hasan sadikin dan pada tanggal 9 maret anak saya meninggal. begitu bahayakah hepatitis A atau ada komplikasi penyakit lain yang deritanya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami turut berduka atas kondisi yang menimpa anak Anda. Sekilas kami akan menjelaskan mengenai hepatitis A.

Hepatitis A adalah infeksi sistemik akut  yang mempengaruhi organ hati disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV).  Virus ini terdapat didalam tinja orang yang sakit hepatitis A. Virus ditularkan bila seseorang menaruh atau memakan sesuatu yang terkontaminasi oleh tinja pasien hepatitis A atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi hepatitis A. Hepatitis A berhubungan dengan kondisi kebersihan yang buruk dan kurangnya sarana air bersih.

Sebenarnya sulit bagi kami untuk menentukan penyebab kematian anak Anda karena kami tidak melakukan pemeriksaan dan bukan dokter yang merawat langsung. Tidak seperti hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati kronis dan jarang berakibat fatal, namun meskipun jarang pada beberapa kasus hepatitis A dapat menyebabkan hepatitis A fulminan (gagal hati akut) dan hal ini berbahaya karena memiliki risiko angka kematian yang tinggi. Hepatitis fulminan adalah peradangan dan kerusakan jaringan hati yang menyebabkan kehilangan parah, cepat dan progresif fungsi hati akibat infeksi virus.

Hepatitis fulminan dapat pula menyebabkan ensefalopati dan pembengkakan otak. Ensefalopati merupakan gangguan pada  otak yang menyebabkan depresi sistem saraf pusat dan fungsi saraf-otot yang abnormal. Bila terjadi depresi susunan saraf pusat maka dapat menimbulkan gangguan pernapasan. Pembengkakan otak (edema serebri) dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam otak yang berujung pafa kematian batang otak dan sepsis dan gagal organ multiple yang merupakan penyebab utama kematian pada hepatitis fulminan.

Kasus hepatitis A fulminan lebih sering ditemukan pada kasus hepatitis A yang berbarengan dengan infeksi hepatitis B dan C. Selain itu hepatitis fulminan lebih sering terjadi pada orang tua dengan daya tahan tubuh rendah.

Hepatitis A sebetulnya merupakan penyakit yang mudah untuk dicegah. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau beraktifitas merupakan cara termudah untuk mencegah penularan infeksi hepatitis A. Jagalah kebersihan dan sanitasi di lingkungan tempat tinggal. Saat ini pun sudah tersedia imunisasi vitamin A yang dapat mencegah tertular infeksi hepatitis A.

Untuk membaca lebih lengkap mengenai hepatitis A, Anda dapat membuka tautan berikut " Medis A-Z: Hepatitis A"

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar