Sukses

Mencapai Tubuh Yang Ideal

24 Oct 2015, 08:29 WIB
Wanita, 15 tahun.

Apakah Berat Badan Berlebihan yang ditandai dengan membuncitnya perut dan mebesarnya lengan tangan maupun paha itu akan mempengaruhi Tinggi badan menjadi lebih Lambat? Dan mana yang mesti didahulukan antara Kurus lebih dulu baru Tinggu antara Tinggi terlebih dahulu baru Kurus?mohon jelaskan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk itu akan kami bahas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan.

Faktor - faktor yang dapat mempengaruhi tinggi Badan seseorang :

1. Genetik

Gen yang mempengaruhi tinggi rendah badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda.

Masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia.

2. Nutrisi

Tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang.

3. Olahraga

Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Renang bisa juga menambah tinggi badan seseorang .

Jadi, jawaban dari pertanyaan anda adalah Tidak. Berat badan berlebih tidak menghalangi lempeng pertumbuhan untuk terus tumbuh menambah tinggi badan. Oleh karena itu yang perlu Anda perhatikan adalah ketiga faktor diatas.

Memiliki tubuh ideal memang idaman setiap manusia. Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat bentuk tubuh yang ideal pun sangat beragam. Mulai dari pengaturan makan, olahraga, sampai dengan usaha operatif seperti tummy tuck. Namun sebenanrya, kunci penting dari menjaga berat badan adalah kalori yang seimbang.

Untuk menurunkan berat badan, maka seseorang harus membuang kalori lebih banyak daripada yang ia makan. Sebagai contoh apabila mengkonsumsi 1800 kalori dalam sehari, maka untuk menurunkan berat badan setidaknya membuang 2300 kalori dalam sehari. Sehingga kalori tersebut akan diambil dari penumpukan lemak di tubuh dan otot. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kita harus berolahraga. Olahraga akan membakar lemak dan membangun massa otot untuk mencapai bentuk tubuh ideal.

Anda dapat memanfaatkan Kalkulator Kalori yang ada pada situs kami untuk menghitung kebutuhan kalori Anda berdasarkan berat dan tinggi badan serta aktivitas Anda: https://www.klikdokter.com/healthtools/kalori

Latihan intensitas tinggi dipercaya sebagai cara terbaik untuk menurunkan lemak tubuh, latihan intensitas tinggi selama lebih dari 30 menit dapat membakar lemak tubuh. 

Latihan intensitas tinggi dan intermiten merupakan salah satu bentuk latihan kardiovaskular (kardio). Latihan kardio atau disebut juga latihan aerobik merupakan aktivitas fisik yang menghasilkan aktivitas aerobik. Aktivitas aerobik merupakan suatu aktivitas tubuh yang menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi selama latihan.  Contoh latihan aerobik atau kardio adalah lari, lari kecil (jogging), berenang, bersepeda, dan berjalan. Latihan intensitas tinggi dan intermiten diawali dengan pemanasan kemudian diikuti 3-10 pengulangan latihan intensitas tinggi dan intermiten pada pertengahan periode latihan intensitas tinggi, dilakukan latihan intensitas sedang, dan diakhiri dengan latihan pendinginan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar