Sukses

Batuk Hingga 1 Bulan

24 Oct 2015, 08:42 WIB
Wanita, 26 tahun.

Sore Dokter... Dokter sudah sebulan ini sy batuk..awalnya batuk berdahak kmudian sy mnum obat batuk mucohexin sktr 2 mingu kmdian batuk saya sdh tdk berdahak tp jd batuk kering..klo batuk bunyinya 'grong...grong.." trs agk skt di dada aplg klo mlm g bs berenti smp g bs tidur n capek sekali terutama bag.dada, sy skrg mnum obat batuk viks formula 44 bwt yg tak berdahak tp tetap j g kunjung smbuh..oy sy pnya riwayat penyakit radang tenggorokan dan dulu sy pernh gejala TBC wkt sy kelas 4 SD tp skrg dnytkn sdh smbh oleh dokter...oy kel. sy tdk ada yg merokok namun kel.suami sy rata2 perokok. Pertanyaan sy 1. apkh pengaruh radang tenggorokan dg batuk sy? 2. apkh sy bs terkena gejala TBC lg? 3. apkh itu pengaruh dari asap rokok? Trima Kasih atas Jawabanny Dokter :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertanyaan anda akan kami jawab satu-persatu.

1. apkh pengaruh radang tenggorokan dg batuk sy?

Radang tenggorokan, atau yang disebut faringitis sering kali menimbulkan gejala batuk. Faringitis termasuk dalam Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA), banyak terjadi akibat virus. Namun, bila telah terjadi selama 1 bulan, maka perlu dicurigai adanya penyebab infeksi, dan telah terjadi penyebaran infeksi hingga saluran napas bagian bawah.

2. apkh sy bs terkena gejala TBC lg?

Kemungkinan itu pasti ada. Prevalensi penyakit TBC di Indonesia sangatlah tinggi, sehingga penyebaran dan penularan kuman TBC sangatlah mudah, terutama pada individu  yang memiliki kekebalan tubuuh yang rendah.

Adakah gejala TBC yang anda alami; batuk lebih dari 2 minggu, dahak disertai darah, demam tidak tinggi (subfebris) dimalam hari, keringat tubuh di malam hari, anorexia, berat badan menurun?

Jika ya, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

3. apkh itu pengaruh dari asap rokok?

Kemungkinan penyebab ini juga bisa terjadi. Asap rorok mengandung zat berbahaya dan iritan yang dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan. Asap rokok umumnya menyebabkan iritasi saluran napas sehingga menghasilkan lendir terus-menerus, dan merangsang reflek batuk untuk mengelaurkan lendir berlebih (dahak) tersebut.

Apabila terjadi paparan asap rorok dalam waktu lama, maka zat toksin yang terkandung dalam rokok dapat merusak paru-paru.

 

Saat ini, kami anjurkan anda memeriksakan diri langsung kepada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin saja perlu dilakukan juga pemeriksaan penunjang laboratorium darah, sputum dahak, dan rontgen dada untuk mencari penyebab keluhan Anda. Setelah diagnosis penyakit ditegakkan, pengobatan dapat diberikan secara optimal sesuai penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar