Sukses

Gatal Di Sekitar Kemaluan, Selangkangan, Dubur, Dan Pantat

24 Oct 2015, 08:50 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, sudah sekitar 5 bulan ini saya menderita penyakit gatal di sekitar kemaluan, selangkangan, dubur, dan pantat. ciri cirinya yaitu muncul beberapa bentol kecil biasa dibeberapa bagian dan hanya sedikit, tidak merah, tidak ada ruam, tidak ada bekas terowongan seperti penyakit scabies, hanya bentol kecil tidak terlalu menonjol persis seperti bekas gigitan nyamuk. daerah bentol itu dan sekitarnya terasa gatal. Terkadang bila digaruk semakin terasa gatal namun setelah itu rasanya mendingan. Rasa gatalnya juga kadang hilang kadang kambuh entah siang atau malam. Yang saya heran, setelah beberapa minggu bentol dan rasa gatal dibagian itu hilang, namun setelah beberapa saat muncul lagi bentol yg sama didaerah sekitar. Juga setelah beberapa bulan ini muncul gatal ditempat lain seperti perut, lengan, jari, namun tidak segatal didaerah utama yang disebutkan sebelumnya. Saya sebagai mahasiswa cukup terganggu dengan penyakit ini, mohon bantuannya, Dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan gatal pada daerah Kemaluan, Selangkangan, Dubur, Dan Pantat dapat terjadi akibat alergi dan infeksi (virus, bakteri, jamur, parasit).

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi segera dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal, agar tidak terjadi perburukan keadaan yang akan semakin mengganggu Anda. Diagnosis hanya berdasarkan cerita tanpa dilihat langsung sangat berisiko menjadi diagnosis yang tidak tepat.

Selain pengobatan, diperlukan juga menjaga agar daerah lipat paha tetap bersih dan tidak lembab. Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab. Selain itu infeksi jamur ini juga dapat menyebar ke bagian kulit lainnya bila Anda menggaruk bagian yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagaian tubuh lainnya sebelum mencuci tangan. Untuk itu pastikan Anda mencuci tangan Anda setelah menggaruk dan  mencuci dengan bersih setiap pakaian (tidak dipakai ulang beberapa kali) untuk menghindari penularan dan penyebaran dan kekambuhan kembali.

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca:

Tinea Kruris

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,        

0 Komentar

Belum ada komentar