Sukses

Memilih KB Yang Tepat

24 Oct 2015, 11:20 WIB
Wanita, 30 tahun.

Siang dok, Saya ibu rm tgga dg 2 anak. Stlh kelahiran anak ke 2 sya menggunakan kb suntik 1 bln,tp tiap bln bb saya trun 1kg,hingga suami blang saya terlalu kurus (dr bb 52 trun mjd 42) Akhirnya kmi putuskan untuk mengganti kb sntik 3bln,tetapi jg bermasalah dok,saya mens trs menerus,kmdn saya di beri obat unt menghentikan pendarahan,tp obat hbs sya minum,saya pendarahan lg,begitu trs.menurut bidan yg menangani saya itu penyesuaian tubuh tp ini sudah 2 kali suntik 3 bulan tetepi masih sama kondisinya,sekarang saya bertambah parah dengan iritasi di ms.v (kemerahan,terasa gatal,dan di pinggir di area yg berambut trjd pengelupasan kulit klo kena air pedih sekali),krnn setiap hari memakai pembalut dan tensi saya yg turun,shg saya sering pusing dan lemas. Apa yg mesti saya lakukan dok,dan bagaimana mengatasi iritasi ini mengingat jadwal suntik saya masih 1bln lagi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebaiknya anda langsung memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan agar dapat dicari penyebab kelainan kulit pada area kelamin Anda. Dengan demikian dapat diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Mengenai KB, memang pada setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, dengan efek samping dapat berbeda pada setiap aseptor KB. Jika anda tidak cocok menggunakan KB hormonal, maka beralihlah pada KB non-hormona, misalnya IUD. Atau, jika jumlah anak dirasa cukup dan yakin tidak ingin hamil lagi, anda bisa memilih kontrasepsi mantap dengan metode operasi wanita.

Pemilihan metode KB memang sangat individual, karena efek samping yang terjadi dapat berbeda-beda pada masing-masing wanita. Untuk itu, kami sarankan Anda dapat terus mengkonsultasikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan metode KB yang paling sesuai untuk Anda.

Berikut kami sertakan artikel terkait untuk menambah informasi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar