Sukses

Gejala Saraf Terjepit dan Nyeri Tumit

24 Mar 2015, 11:20 WIB
Wanita, 37 tahun.

Saya nyeri tulang piinggang sampe kaki sdebelah kiri Dan sakit tumit Sebelah kanan Dan juga Sering kesemutan ,mohon solusinya .terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika Anda mengalami nyeri pinggang yang menjalar sampai ke tungkai, kemungkinan Anda mengalami gejala saraf terjepit atau HNP (Hernia Nucleus Pulposus).

HNP adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus, seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. (Baca: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah)

Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah. Terapi HNP dapat dilakukan dengan obat-obatan, fisioterapi, sampai operasi untuk kasus yang berat.

Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti MRI untuk memastikan apakah ada saraf yang terjepit. Hal ini perlu segera ditangani, karena jika terlambat dapat menyebabkan kelumpuhan anggota tubuh terkait.

Pada umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Dalam keadaan normal, plantar fascia bekerja seperti sebuah serabut-serabut penyerap kejutan (shock-absorbing bowstring), menyangga lengkung dalam kaki. Tetapi, jika tegangan pada serabut-serabut tersebut terlalu besar, maka dapat terjadi beberapa robekan kecil di serabut-serabut tersebut. Bila ini terjadi berulang-ulang maka fascia akan teriritasi atau meradang.

Penyebab plantar fasciitis antara lain adalah:

  • Aktivitas fisik yang berlebihan

  • Trauma pada tumit yang berulang

  • Artritis atau peradangan pada sendi

  • Diabetes

  • Mekanik kaki yang abnormal. Lengkung telapak kaki yang datar atau terlalu melengkung atau pola berjalan yang abnormal dapat mengakibatkan distribusi berat badan kita tidak seimbang diterima oleh kedua kaki, dan menyebabkan stres tambahan pada plantar fascia

  • Sepatu yang tidak cocok. Sepatu yang solnya tipis, longgar atau tidak ada dukungan untuk lengkung kaki atau tidak ada kemampuan untuk menyerap hentakan tidak melindungi kaki kita

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar