Sukses

Nyeri Kepala dan Asam Lambung Naik

24 Mar 2015, 16:50 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok, saya mau tanya. Kurang lebih 3 hari ini saya merasakan migren & pada daerah kepala bawah tengkuk sampai leher terasa kaku & tenggorokan ada dahak berwarna putih kental padahal saya sedang tidak flu n batuk, kira2 kenapa y dok. Memang sebelumnya saya ada riwayat asam lambung naik, terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh tension type headache (TTH).  Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

  • Gangguan tidur

  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja

  • Waktu makan yang tidak teratur

  • Kelelahan mata

  • Penghentian konsumsi kafein

Bila nyeri kepala yang Anda rasakan ada di salah satu sisi kepala saja, maka kemungkinan Anda menderita penyakit migrain. Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Struktur kepala tertentu sensitif terhadap nyeri, sedangkan otak sendiri tidak sensitif terhadap nyeri . Strutur kepala tersebut adalah :

  • Kulit kepala

  • Aliran darah ke kulit kepala

  • Otot kepala dan leher

  • Pembuluh darah di rongga sinus

  • Pembuluh darah di daerah selaput otak

  • Serabut saraf otak ( saraf cranial V,IX,X )

  • Pembuluh darah besar di otak besar

  • Bagian dari selaput otak yang merupakan dasar dari otak

Gangguan yang terjadi pada salah satu struktur kepala tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk memastikannya, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sulit untuk kami menentukan penyebab keluhan Anda, jika hanya berdasarkan keluhan yang Anda utarakan.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adala;

  • Menghindari pemicu

  • Minum obat penghilang rasa sakit, contohnya parasetamol, NSAID (contohnya asam mefenamat)

  • Istirahat

  • Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat, rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat, segeralah datang ke Dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab sakit kepala Anda.

 

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. GEjala sampingan peningkatan asam lambung adalah nyeri ulu hati, kembung, sering bersendawa, mual dll. 

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll. 

Hingga saat ini, pengobatan yang dianjurkan untuk mengatasi GERD adalah dengan obat-obatan golongan proton pump inhibitor, seperti omeprazole, lansoprazole, dll. Obat ini dapat diminum 1x/hari, 30 menit sebelum makan. Obat ini dapat dikonsumsi selama 1-2 minggu dan dilihat respon yang terjadi. Pengobatan dikatakan berhasil jika terdapat perbaikan gejala, meskipun belum sembuh total. Penyakit ini dapat dikontrol agar tidak sering kambuh.

Selain dengan obat-obatan tersebut, Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil

  • Jangan langsung tidur setelah makan malam

  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya

  • Hindari stres

  • Tidur cukup 8 jam/hari

  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi.

Selama gejala dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup maka perlahan-lahan konsumsi obat-obatan dapat dikurangi, namun bila tanpa obat-obatan gejala kurang dapat dikontrol maka sebaiknya tetap diteruskan. Hal ini diperlukan  untuk menetralkan asam lambung karena asam lambung yang terus menerus melukai esofagus (kerongkongan) akan menyebabkan iritasi kronik. Padahal, mukosa esofagus tidak dirancang untuk tahan terhadap asam lambung seperti mukosa lambung. Hal ini yang mungkin menyebabkan perubahan mukosa esofagus Anda sehingga terjadi polip esofagus. Kebanyakan polip bersifat jinak namun ada juga yang bersifat ganas. Hal ini memerlukan pemantauan lebih lanjut terus menerus.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar