Sukses

Bisul di Bokong

24 Mar 2015, 11:43 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat malam...dok saya mau tanya saya kok sering bisulan ya di bokong...padahal sesudah bisulan yang pertama saya sudah bersihkan dengan antiseptic....saya juga sudah kasih salep bisul

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelum mengobati, tentu diagnosis harus terlebih dahulu ditegakkan, apakah benar bahwa benjolan yang Anda alami pada anus adalah benar sebuah bisul atau bukan. Izinkan kami menjelaskan tentang apa itu bisul atau furunkel.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Selain furunkel, bisul di bokong juga bisa diakibatkan karena hidradenitis suppurativa, yaitu pembengkakkan pada kulit yang merupakan suatu proses kronis pada daerah yang sering bergesekkan dan berambut (karena di daerah itulah kelenjar minyak berada), seperti ketiak, selakangan, bokong, payudara, dan lain-lain.

Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar