Sukses

Vaksinasi Kanker Serviks

25 Mar 2015, 11:19 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum.. Dok saya mau tanya, jika ingin imunisasi kanker serviks itu bagaimana cara/tahapannya lalu apakah bisa menggunakan BPJS? Mohon penjelasannya.. Terima kasih..

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Vaksin HPV merupakan vaksin inaktif yang dilemahkan dan dapat melindungi dari 4 tipe virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin. Vaksin HPV dianjurkan bagi mereka yang akan menikah, pernah ataupun akan melakukan kontak seksual secara aktif. Vaksin ini juga dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena infeksi HPV, yaitu :

Jika wanita tersebut telah terinfeksi virus HPV, vaksin ini tidak dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan atau 0,1, dan 6 bulan, tergantung dari jenis vaksinnya. Ada dua jenis vaksin, yaitu bivalen (melindungi terhadap kanker serviks saja) dan kuadrivalen (melindungi terhadap kanker serviks dan kutil kelamin).

Wanita hamil sebaiknya menunda pemberian vaksin HPV. Walaupun vaksin ini aman bagi ibu dan janin, namun masih diperlukan adanya studi lebih lanjut mengenai keamanannya bagi wanita hamil.

Beberapa gejala dapat timbul dari pemberian vaksin ini

  • Nyeri pada tempat injeksi
  • Merah dan bengkak pada tempat injeksi
  • Demam

Gejala - gejala ini tidak berlangsung lama dan dapat hilang dengan sendirinya. Jika gejala bertambah parah,segera konsultasikan dengan dokter.

Sepengetahuan kami, untuk saat ini vaksinasi HPV belum ditanggung oleh BPJS. Yang ditanggung oleh BPJS adalah pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks, yaitu pap smear dan IVA.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar