Sukses

Penyebab Trombositosis

24 Oct 2015, 18:50 WIB
Wanita, 66 tahun.

saya terkena trmbosit tinggi.Tahunya dari hasil check up tanggal 31 Oktober 2012 trombosit sebesar 822.000. Sampai sekarang minum obat agrylin anagrelide 0.5 mg capsules. Sekarang dosisnya 3x1 selama 3 minggu, 2x1 selama 1 minggu begitu terus siklusnya.. Trombositnya sekarang sebesar 286.000. Billa dosiisnya dikurangi atau tidak sesuai anjuran dokter trombositnya akan naik lagi. Pada tgl check up 21 Januari 2015 diadakan check up pemeriksaan BCR ABL gen hasilnya keluar tgl 30 Januari 2015 dengan kesimpulan: pada saat pemeriksaan dilakukan tampak fusi gene bcr abl b3a2 pada amplicon product 443 bp menghasilkan ekspresi protein p210. Yang mau saya tanyakan : 1. Artinya apa kesimpulan tersebut? 2. Apakah penyakit saya ini sejenis kanker darah? 3. Apakah penyakit yang saya derita ini tidak dapat disembuhkan selamanya tanpa minum obat? 4. Apakah ada alternatif yang lain untuk menyembuhkan penyakit saya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang.

Sedangkan Jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000.  Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan.

Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 – 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin.

Dari hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit pasien. Bila ada gejala, biasanya gejala yang timbul adalah:

  • Penyumbatan
    Gejala penyumbatan seperti tangan dan kaki kram.

  • Nyeri dada, atau terjadi stroke
    Hal ini terjadi karena trombosit yang merupakan faktor pembekuan berkumpul di pembuluh darah karena jumlahnya yang berlebihan sehingga menyumbat aliran darah.

  • Pendarahan
    Atau dapat pula yang timbul adalah gejala perdarahan seperti perdarahan pada saluran cerna atau perdarahan pada kulit (muncul ruam-ruam kemerahan). Hal ini dapat disebabkan karena trombosit dengan jumlah banyak tersebut berbentuk tidak normal sehingga fungsinya sebagai faktor pembekuan juga terganggu.

Lakukanlah terus pemeriksaan kontrol kepada dokter Anda, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan ikutilan anjuran terapi yang diberikan dokter Anda untuk mengontrol jumlah trombosit dalam darah.

Berikut Kami Sertakan Artikel Terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar