Sukses

Cepat Lelah Saat Berolahraga

24 Oct 2015, 19:56 WIB
Pria, 43 tahun.

Selamat sore Dokter, saya mau tanya. sejak usia 8 thn saya aktif berolahraga (apapun olahraganya) khususnya badminton. bahkan pada periode usia 12-17thn saya ikut club badminton. Periode Usia 17-33thn saya masih aktif berolahraga jogging & badminton. Namun pada periode usia 34-42thn saya vakum dari olahraga yg saya geluti tersebut. kemudian pada Oktober 2014 s/d saat ini saya aktif kembali olahraga badminton seminggu 3X (Rabu-Sabtu-Minggu) dan Jogging seminggu 4X -/+ 30-40menit tiap harinya. Pada bulan awal mulai latihan kembali saya cuma bertahan 1/2 set. dan saat ini setelah 5 bulan latihan rutin nafas saya cuma bertahan 1 set, padahal kalau dibandingkanrekan2 yang lain usia lebih tua 5-10 thn lebih tua dari saya, merokok dan tidak jogging, kecuali hanya latihan badminton seminggu 2X saja. Perlu saya sampaikan, usia saya 43 tahun, berhenti merokok sejak 10 bulan yang lalu. saya juga tidak mempunyai penyakit yang berat, kecuali sinusitis ringan. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah saya harus meningkatkan intensitas latihan/jogging saya agar nafas saya lebih panjang dan stamina saya cepat menurun.# 2. Apakah ada vitamin atau suplemen untuk mengatasi hal tersebut. Demikian agar maklum.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kegiatan fisik bisa menimbulkan beban untuk tubuh, sehingga menyebabkan gangguan dalam pola napas biasa Anda.

Ketika berolahraga tubuh Anda memproduksi lebih banyak karbon dioksida, oleh karena itu sangatlah penting untuk mengeluarkan karbon dioksida ini demi menjaga keseimbangan oksigen di dalam tubuh. Waktu ekspirasi (proses mengembuskan udara) Anda harus sama dengan waktu inspirasi (proses menghirup udara).

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung napas Anda. Hirup napas lewat hidung dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Anda tidak perlu menahan napas. 
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menyesuaikan napas dengan gerakan Anda. Cobalah bernapas setiap Anda mengambil dua langkah, dan buang napas sehabis dua langkah. Saat Anda sudah terbiasa olahraga, Anda bisa mencoba mengambil napas lebih lama, misalnya saat Anda mengambil tiga langkah.

Anda bisa mendapatkan oksigen lebih dengan cara mengambil napas yang dalam melalui diagfragma. Pastikan perut Anda ikut bergerak ketika Anda melakukan inhalasi (menarik udara ke dalam paru-paru). Hal ini bisa mencegah terjadinya hiperventilasi. Saat Anda ekspirasi, kontraksikan otot perut Anda untuk membuang udara keluar.

Untuk meningkatkan stamina, meskipun mengonsumsi suplemen adalah cara cepat mendongkrak energi, Anda bisa mendapatkan energi yang Anda dibutuhkan dengan cara alami.

  • Beristirahat

Ketika Anda letih dan kurang energi, beristirahatlah yang banyak. Tidurlah 7 – 8 jam perhari atau tidur siang 20 – 30 menit akan mengisi ulang energi Anda.

  • Olahraga

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak energi adalah menerapkan hidup aktif. Dengan rutin berolahraga Anda akan tidak mudah lelah dan lebih berenergi dibandingkan mereka yang malas berolahraga.

  • Asupan diet sehat

Tidak ada spesifik diet untuk penambah energi, tapi para ahli gizi sepakat bahwa mengonsumsi banyak sayur, buah, gandum, dan protein akan membantu tubuh menghasilkan energi yang dibutuhkan. Hindari makan yang mengandung karbohidrat dan perbanyak makanan yang mengandung omega-3 yang bagus untuk tubuh.

Berikut kami sertakan artikel terkait;

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar