Sukses

Luka Setelah Cabut Gigi

27 Mar 2015, 15:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dokter, saya mau bertanya, apakah ini hal normal atau saya perlu periksa kembali ke dokter sp.bmnya. Jadi begini tanggal 5 maret kemarin saya melakukan bedah odontektomi, pada tanggal 12 saya cabut jahitan. Nah saya masih heran sampai hari ini gusi saya bolong, apa memang begitu atau seharusnya jika telah di jahit gusi tidak bolong lagi? Saya odontektomi 2 gigi sekaligus gigi 37 & 38. Dan skrg jadi menyisakan lubang. Apa itu normal? Terimakasih sebelumnya dokter :)

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Paska odontektomi, umumnya pasien akan merasakan ketidaknyamanan, disertai rasa sakit dan pembengkakan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar dan biasanya rasa sakit sedikit-demi sedikit akan semakin berkurang dari hari ke hari. Luka pencabutan dari 2 gigi memang akan menimbulkan lubang yang cukup besar pada gusi.

Setelah pencabutan gigi terdapat beberapa kasus pasien yang mengalami komplikasi yang disebut dry socket atau alveolar osteitis, yang merupakan bentuk komplikasi yang cukup sering terjadi paska od. Kondisi ini terjadi karena rusak/lepasnya bekuan darah yang telah terbentuk di soket bekas gigi yang sudah dicabut. Akibatnya tulang alveolar terekspos, dan proses penyembuhan terhambat.  Sebaiknya Anda tetap menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta mentaati saran dokter gigi yang merawata Anda terkait apa yang tidak boleh dilakukan agar tidak terjadi penghambatan proses penyembuhan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar