Sukses

Demam, Mual dan Muntah Serta Mengobati Amandel Pada Anak

24 Oct 2015, 20:19 WIB
Pria, 7 tahun.

anak saya berumur 7 tahun, saat ini sedang menderita demam sejak sore kemarin, ada keluhan mual dan muntah juga sakit kepala, namun tidak batuk atau flu. Saat ini sy hanya berikan obat untuk menurunkan panas saja, Saya ingin tahu apakah gejala ini bisa juga dikarenakan amandel yang ada pada tonsil kirinya?.. Sejak 4 bulan lalu tonsil kirinya membengkak, sy sudah konsul ke THT, namun karena saat itu tidak ada keluhan demam dll, maka tidak diberikan pengobatan apapun. Memang gejala demam seperti ini, tidak terlalu sering diderita anak sy tsb. Tetapi yang menjadi keluhan sy bagaimana mengecilkan tonsil ny yang kadung sudah membesar, bagaimana cara utk mengobati amandel tsb? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Demam merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penyakit infeksi. Pada anak anda, karena disertai gejala mual muntah, maka perlu dicurigai adanya gangguan pada saluran pencernaan, misalnya radang usus. Apakah anak anda juga mengalami diare atau sebaliknya, konstipasi?

Karena demam baru berlangsung satu hari, maka akan sulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk itu anak perlu terlebih dahulu diobservasi sembari diberikan obat sesuai gejala yang dikeluhkan, dan jika demam menetap hingga tiga hari, segeralah periksakan anak kepada dokter terdekar. Mungkin saja diperlukan pemeriksaan penunjang, misalnya laboratorium darah untuk mencari penyebab gejala demam anak Anda. Kemudian terapi yang diberikan dapat disesuaikan dengan penyebab tersebut.

Sedangkan untuk mengatasi amandel, apabila telah sering berulang atau menyebabkan keluhan/gangguan napas terutama saat anak tertidur, maka perlu dipertimbangkan tindakan pembedahan untuk mengangkat amandel/tonsil tersebut.

Selain itu jika pembesaran pada tonsil terjadi hanya pada satu sisi, perlu dicurigai penyebabnya bukanlah radang biasa, namun dapat disebabkan oleh tumor atau abses tonsil. Untuk itu kami anjurkan anda berkonsultasi lebih lanjut dengn dokter spesialis THT mengenai terapi yang tepat untuk anak Anda jalani.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar