Sukses

Perbedaan Minus Mata yang Jauh

23 Mar 2015, 14:40 WIB
Wanita, 18 tahun.

Siang dok saya mau tanya :) mata kiri saya mins 7, tapi mata kanan saya normal, kenapa bisa seperti itu ya ? apakah mata kiri saya bisa disembuhkan ? kalau bisa dengan cara apa ? lebih baik pake soft lens atau kaca mata ya dok ? Trimakasih :)

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda mengarah kepada penyakit Amblyopia (lazy eyes).

Lazy eyes dalam bahasa medis dinamakan Amblyopia. Kelainan ini merupakan penyebab terbanyak gangguan penglihatan pada anak-anak yang sifatnya ireversibel . Kelainan juga salah satu penyebab kebutaan yang terjadi pada anak-anak. Penurunan fungsi penglihatan ini terjadi karena adanya kegagalan stimulasi (rangsangan) penglihatan atau tidak cukup adekuatnya stimulasi (rangsangan) yang ditransmisikan dari saraf optikus ke otak pada periode tertentu, yang menyebabkan suatu kondisi di mana otak hanya mengutamakan respon sinyal saraf dari satu mata.

Mata yang lemah cenderung diabaikan, sehingga membuatnya kehilangan fungsi dan kemampuan normalnya. Dengan demikian, mata akan selalu berdeviasi dan mata tersebut tidak pernah akan belajar untuk melihat dengan baik,  akibat mata tersebut selalu mendapat supresi (penekanan) pada penglihatan.  Karena tidak pernah digunakan, maka minus mata akan semakin bertambah banyak. Kelainan ini dapat terjadi bahkan pada mata dengan struktur normal. Seringnya terjadi pada satu mata saja. 

Pengobatan lazy eyes memang hanya berhasil dengan baik jika diterapi sedini mungkin (< 8 tahun), pada usia dewasa penanganan penyakit ini akan menjadi kurang optimal.  Semakin cepat penanganan, semakin baik prognosisnya. Jika tidak diobati dengan segera, amblyopia memang bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan penglihatan ringan sampai parah. Pada penderita di atas umur 9 tahun dapat diterapi dengan cara mengkoreksinya dengan penggunaan kacamata atau softlens. Terapi operasi untuk lazy eyes hanya diindikasikan pada penderita dengan keluhan ptosis dan katarak. 

Untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis mata.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar