Sukses

Suplemen Untuk Pertumbuhan

24 Oct 2015, 20:51 WIB
Wanita, 17 tahun.

siang dokter.pertumbuhan yang bagus seperti apa.adakah suplemen untuk pertumbuhan sekaligus untuk kecerdasan otak.terimakasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan  perbedaan pertumbuhan seseorang, yaitu;

1. Faktor genetik

Jika tubuh kedua orang tua kecil, maka kemungkinan anak Anda juga akan memiliki postur tubuh yang tidak berbeda jauh dengan orang tua. Namun pertumbuhan seorang anak juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yaitu berupa asupan nutrisi dan olah raga. Jika faktor lingkungan ini optimal, tidak menutup kemungkinan Anda akan memiliki tubuh yang lebih besar sesuai harapan.

2. Faktor nutrisi

Faktor nutrisi memerlukan perhatian khusus. Asupan makanan harus dijamin agar memenuhi kebutuhan nutrisi dasar untuk pertumbuhan. Apabila Anda tergolong aktif, tingkatkan asupan nutrisi. Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (snack, permen). Jangan lupakan nutrisi berupa sayur dan buah.

3. Aktivitas fisik

Apakah Anda berolahraga secara teratur? Pertumbuhan akan terjadi dengan pesat pada tahun pubertas, umumnya ketika Anda menginjak umur ke 10 sampai 15. Periode ini ditandai dengan pertumbuhan tinggi badan yang pesat. Karena itu, diperlukan asupan nutrisi yang baik dan rangsangan berupa olah raga teratur.

4. Infeksi

Infeksi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Infeksi yang umum menyebabkan gangguan pertumbuhan adalah infeksi pada paru dan infeksi cacing. Apabila infeksi tidak ditangani dengan baik, maka pertumbuhanpun akan terhambat.

Selain itu, Vitamin dan mineral merupakan nutrien yang penting dalam menyokong pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. Vitamin A berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan jaringan dan tulang, serta kesehatan kulit, mata, dan respon imun. Sumber vitamin ini antara lain susu, keju, telur, sayuran berwarna kuning dan oranye seperti wortel.

  2. Vitamin B, termasuk B2, B3, B6, dan B12, membantu metabolisme, produksi energi, dan sistem pembuluh darah serta saraf yang sehat. Sumber vitamin ini antara lain daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju.

  3. Vitamin C mendukung kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit. Sumber yang baik termasuk buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan sayur-sayuran tomat dan brokoli.

  4. Vitamin D penting untuk pembentukan tulang dan gigi serta membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber yang baik adalah susu dan produk susu lain yang sudah difortifikasi dan minyak ikan. Namun, sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari.

  5. Kalsium membantu pembentukan tulang yang kuat. Sumbernya antara lain susu, keju, yogurt, tahu, dan jus jeruk yang sudah difortifikasi.

  6. Besi membantu membangun otot dan penting dalam pembentukan sel darah merah. Defisiensi atau kekurangan besi dapat terjadi pada anak yang baru mulai mendapatkan makanan tambahan serta pada remaja (masa pertumbuhan cepat), terutama pada anak remaja perempuan yang mulai mengalami menstruasi. Sumber yang baik termasuk daging merah dan bayam.

Penuhilah kebutuhan vitamin dan mineral ini melalui menu diet yang seimbang dan bervariasi. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan beraneka warna. Selain itu, perhatikan kandungan nutrien pada label makanan dan minuman yang Anda beli.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar