Sukses

Benjolan Nyeri di Ketiak

23 Mar 2015, 11:05 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter,saya mau tanya. Di bagian ketiak kiri saya terdapat benjolan yg kalau d tekan sakit,awalnya seperti udun dalam bhs jawa ada mata nanahnya tapi tidak pecah2 malah sekarang mata nanahnya hilang dan benjolannya masih. Benjolan tersebut apa y dokter,kalau mau saya periksakan ke dokter thu dokter umum saja atau spesialis kulit. Terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun untuk menegakkan diagnosis dengan lebih tepat, perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung.

Penyebab benjolan di ketiak dapat bermacam-macam, penyebab paling sering di antaranya adalah pembesaran kelenjar getah bening (KGB), infeksi sekitar akar rambut (fokulilitis atau furunkel), maupun radang kelenjar keringat (hidradenitis supurativa).

Berdasarkan keluhan yang Anda utarakan, kemungkinan Anda mengalami hidradenitis supurativa, yang seringkali timbul akibat mencukur bulu ketiak. Setelah bercukur, folikel (akar) rambut akan terbuka dan memungkinkan bagi kuman untuk masuk dan menimbulkan infeksi. Kelainan ini menimbulkan benjolan yang nyeri, merah, meradang, bengkak, dan berisi nanah. Selain di ketiak, penyakit ini dapat timbul di area bokong atau kelamin.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan krim antibiotik dan antibiotik minum, jika kelainan masih ringan. Jika Hidradenitis supurativa sudah berat, perlu dilakukan tindakan operasi kecil untuk mengeluarkan nanah.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter kulit.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar