Sukses

Lutut Berbunyi dan Nyeri Pada Betis

17 Apr 2015, 12:21 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya sering merasakan nyeri dibetis saya hampir setiap malam, bagaimana cara mengobatinya? Dan dengkul saya suka bunyi bila ditekuk, apa ada hubungannya dengan rasa nyeri yg saya rasa setiap malam. Dok bagaimana cara mengobatinya agar bunyi itu hilang? Terima kasih dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Nyeri pada area betis dapat berasal dari gangguan otot, tulang, pembuluh darah atau persarafan. Bagaimana karakteristik nyerinya, apakah menjalar? Apakah ada riwayat trauma/ terjatuh? Bagaiman dengan kulit di area tersebut, apakah tampak perubahan warna, gambaran pembuluh darah?

Satu penyebab khusus nyeri betis yang bisa menjadi perhatian khusus adalah karena gangguan darah berupa hiperkoagulasi (kecenderungan untuk menggumpal) sehingga bekuan darah menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pembuluh balik di kaki (disebut pembuluh vena/ Penyakit insufisiensi vena kronik). Nyeri pada keadaaan ini umumnya terjadi setelah beraktivitas. Salah satu cara mendeteksi gangguan ini adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter dan dilakukan USG.

Tentu hal ini merupakan salah satu penyebab dari berbagai kemungkinan lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung, penegakkan diagnosis, dan terapi yang optimal. 

Sementara itu bunyi lutut yang Anda rasakan merupakan sebuah keadaan yang normal selama hal tersebut tidak disertai dengan nyeri pada lutut. Sendi merupakan engsel atau pertemuan antara dua buah tulang yang direkatkan oleh jaringan jaringan dan cairan synovial yang berfungsi untuk menopang pergerakan Anda. Terjadinya bunyi pada saat bergerak adalah merupakan hentakan dari tulang yang menyangga karena tidak bergerak sesuai porosnya. 

Jarang berolah raga, duduk terlalu lama, dan malnutrisi merupakan penyebab - penyebab dari terjadinya hentakan atau bunyi yang Anda alami. Pada orang tua penyebab paling sering adalah osteoarthritis (pengapuran tulang).

Segeralah berkonsultasi dengan dokter bilamana Anda merasa nyeri atau pun ditemukan pembengkakan dari lutut Anda karena dikhawatirkan akan kondisi yang lebih serius dapat mengancam Anda.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar