Sukses

Sulit Beradaptasi Dengan Lingkungan

24 Oct 2015, 21:36 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok,sya mncba mnjd anak yg baik dg mnuruti dan mngikuti ap yg ortu lakukan,khususnya ayah. Tetapi dlm kenyataan di khdpn sya sllu susah berdaptasi,dan merasa tidak "pas" dmna2,pdhal sy sdh mngikuti prilaku sprti ayah. Trnyata stlh sya pkir2 prilaku ayah sya bnyk yg tdk ssuai dg cra2 brgaul yg baik. Jd mncul dpkiran sy,apkh hrs ttp mngikuti ayh sy dlm brgaul sbg bntk bakti, atau mnrt sy sj,jjur sy sngt bgung skli dan sllu mrasa tdk dianggap dilingkungan appun.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama, izinkan kami menjelaskan tentang apa itu fobia sosial. Fobia sosial atau biasa disebut "Social Anxiety Disorder" adalah suatu kelainan kecemasan yang kejadiannya cukup sering dalam penduduk. Kelainan ini ditandai dengan ketakutan pada situasi-situasi sosial tertentu yang dapat menyebabkan stres dan berkurangnya fungsi kehidupan sehari-hari. Kelainan ini dapat disebabkan oleh rasa takut akan dihakimi, dipermalukan oleh orang lain akibat perilaku diri kita sendiri.  Kelainan ini dapat muncul dalam usia berapa saja, bahkan sejak usia muda. Kelainan ini dapat dipicu oleh berbagai macam penyebab seperti dari lingkungan sekitar. 

Gejala yang dapat muncul adalah berkeringat berlebihan, deg-degan, gemeteran, mual, susah berbicara, hingga serangan panik.  Ada beberapa pengobatan untuk penyakit/kelainan fobia ini seperti obat dan psikoterapi. Namun sebelum Anda mencoba hal tersebut, Anda bisa mencoba lebih santai dalam bergaul dan menjalani kegiatan sehari-hari, cobalah mengajak bicara teman-teman Anda lebih sering, bercanda dan lebih sering terlibat dalam kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang dan mengharuskan Anda berinteraksi dengan sesama. Namun, jika keluhan fobia sosial sedemikian parah sampai menganggu aktivitas, kami anjurkan agar Anda berkonsultasi dengan Dokter Psikiatri agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar