Sukses

Sudah Hamil dan Keguguran?

23 Mar 2015, 16:42 WIB
Wanita, 28 tahun.

malam dok... saya sudah menikah 9 bulan. dan belum dikaruniai anak. bulan kemaren saya sempat telat sekitar 10 hari. sebelumnya haid saya teratur 2/3 bln sekali maju 7 hari dan tidak pernah telat. selama telat haid kemaren saya selalu merasa mual, pusing, letih dan lesu. diperiksa masih negatif. saya dan keluarga sempat liburan, selama perjalanan saya juga selalu merasa pusing dan mual, sehingga sesekali harus berhenti. suami menyarankan periksa kondisi ke puskesmas tapi hasilnya tetap negatif, namun dokter menyarankan untuk tidak terlalu banyak bergerak karena mungkin kadar HCG msh rendah. ternyata 2 hari sesudahnya haid saya datang. menurut keluarga mungkin karena kelelahan di jalan dan kondisi terguncang selama perjalanan maka janinnya lepas. dok, apa benar waktu itu saya hamil dok? karena keluarnya seperti halangan, tapi lebih banyak. jika benar, apa bisa saya hamil lagi?

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com. 

 

Kami memahami kegelisahan Anda. Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. 

 
Namun, siklus menstruasi juga dapat maju atau mundur 2-7 hari setiap bulannya bergantung pada keseimbangan hormon tubuh yang dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikologis Anda.
 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  • perasaan lelah

  • daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •   dsb

 

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

 

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Usia kehamilan dapat diketahui jika diketahui HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dan dapat lebih akurat  melalui pemeriksaan USG. Apalagi, memang siklus menstruasi Anda termasuk yang tidak teratur sehingga tidak dapat diketahui hanya berdasarkan siklus menstruasi. Maka, memang sulit untuk memastikan apakah pada saat tersebut sudah terjadi kehamilan atau belum. Jika belum ditemui adanya tanda pasti kehamilan memang belum dapat dipastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak.

 

 

Untuk mendapatkan keturunan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

 

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

 

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah.

 

Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

 

Jika Anda telah melakukan berbagai tindakan seperti di atas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada Nya. Semoga Anda dan istri dapat segera dianugerahi buah hati.

 

Berikut kami sertakan artikel:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Apa Ciri Sperma Sehat?

Kapan Harus Periksa Sperma?

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Cepat Hamil

 

Untuk mempersiapkan kehamilan, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar