Sukses

Batuk Tak Kunjung Sembuh

24 Oct 2015, 22:35 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dokter. Saya mau bertanyaa. Saya batuk tidak sembuh sembuh semnjak blan puasa tahun kmaren. Sdah hampir setahun . Kadang sehari-2 tidak batuk. Bahkan seminggu tdak batuk. Tapi jika sdah kambuh batuk tak berhenti henti. Bisa samapai 3 jam. Dahaknya putihh. Jika sudah batuk suka sesak. Kadang sulit bernapas jka sudah kecapaian. Dada kanan jga terasa nyerii. Batuk bisa malam. Siang atau pagii. Sering kali malam. Radang tenggorokan saya pun tak kunjung sembuhh. Saya sakit apa???? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rsakan. Batuk merupakan suatu refleks nafas yang terjadi karena adanya rangsangan pada penerima rangsang/reseptor iritan yang terdapat di seluruh saluran nafas.

Perlu dijelaskan terlebih dahulu mengenai awal mula batuk, lamanya, ada dahak atau tidak, paparan lingkungan (debu, asap, udara dingin), alergen (serbuk sari) dan gejala lain yang menyertai. Batuk yang terjadi kadang-kadang dan berhubungan dengan paparan suatu keadaan lingkungan (hawa dingin, debu, asap, angin dan lainnya) akan mengarahkan pada penyebab batuk tersebut. Batuk yang berdahak menunjukkan adanya kelainan saluran nafas bawah.

Penyebab batuk dapat diketahui berdasarkan lamanya gejala. Batuk akut biasanya disebabkan radang saluran nafas atas, radang tenggorokan, radang pada pita suara. Sedangkan Batuk lama/kronis, gangguan biasanya terjadi pada saluran nafas bawah. Selain itu, penyebab batuk juga dapat dibedakan berdasarkan organ atau gangguan yang terjadi;

  • Jaringan paru; infeksi parenkim/jaringan paru, abses paru, adanya parasait (cacing), dll
  • penyakit jantung; menyebabkan edema/bengkak paru
  • iritasi lingkungan; gas, debu, perubahan suhu lingkungan
  • Benda Asing; dalam saluran nafas
  • Neoplasma/Kanker
  • Alergi

Untuk memastikannya dibutuhkan wawancara medis yang lebih mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter, baik dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, maupun dokter spesialis paru terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar