Sukses

Sulit Hamil Pasca Kuret, Benarkah?

23 Mar 2015, 10:40 WIB
Wanita, 26 tahun.

slm kenal dok, nm sy risty usia saya 26th, saya mau nanya dok,kt org, orang yg hbis dikurret itu susah lg untuk hamil, apa bener ya dok?makasih dokter..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kuretase umumnya dilakukan apabila terdapat sisa jaringan di dalam rahim akibat dari proses abortus. Tentu saja setelah kuretase dilakukan, selaput  bagian dalam rahim akan terluka dan membutuhkan proses penyembuhan. Setelah kuretase, sebaiknya menunda kehamilan sampai 2-3 siklus menstruasi berikutnya untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim.

Kuretase sendiri, apabila dilakukan secara aman oleh dokter yang kompeten tidak akan mempengaruhi proses kehamilan. Jadi, pemahaman bahwa kuretase akan mempersulit kehamilan berikutnya adalah pemahaman yang salah. 

Akan tetapi memang kebanyakan perempuan akan mengalami penurunan kesuburan saat menginjak usia 30-an (angka kesuburan 15% setiap bulannya). Belum ditambah dengan peningkatan risiko pada kehamilannya sehingga akan lebih baik apabila konsultasi dilakukan sedini mungkin dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Selain itu, penting untuk Anda dan suami agar:

  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

  • Perkirakan masa subur Anda untuk melakukan hubungan intim

  • Hubungan intim yang dianjurkan adalah dilakukan secara teratur 2-3x setiap minggunya, terutama selama masa subur hingga datang menstruasi berikutnya dengan posisi laki-laki di atas (misionaris)

Lebih lanjut mengenai persiapan kehamilan dapat Anda baca dengan mengakses beberapa artikel kami berikut ini:

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar