Sukses

Alergi Makanan Pada Anak

25 Oct 2015, 12:33 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat pagi dokter, saya punya anak yg sekarang berumur 1 tahun 7 bulan bernama Gracellyn. Saya ingin berkonsultasi dengan dokter utk masalah kesehatan anak saya belakangan ini. Senin, 22 Maret 2015 kmrn dikulit anak saya muncul merah2 dan terasa gatal stlh saya beri salep garamycin kulit yg kemerahan itu hilang. Tetapi pada hari rabunya 24 Maret 2015 kmrn kulitnya kembali kemerahan diarea muka dan perutnya disertai gatal setelah saya konsul dengan dokter anak hasil diagnosanya mengarah pd alergi makanan stlh itu diberikan resep obat minum ryvel syrup dan utk obat olesnya triamcort-a setelah diminumi itu merah2nya betangsur hilang. Setelah 3hari gejala itu tidak pernah muncul lagi tetapi pada minggu 22 Maret 2015 ini muncul lagi d area muka tapi kemerahannya justru seperti luka bakar. Demikian konsultasi saya mohon bisa diberikan tanggapan utk masalah pada anak saya ini, terimakasih dokter sebelumnya....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bila sebelumnya dokter anak anda telah mendiagnosa anak anda menderita alergi makanan, apakah Anda telah mengenali alergen (pencetus alergi) apa saja yang ada pada anak anda? Jika sudah, maka alergen tersebut harus dihindari untuk mencegah kekambuhan alergi.

Reaksi alergi makanan muncul saat imunitas tubuh seseorang merasa bahwa makanan (protein) yang dikonsumsinya berbahaya untuk tubuh. Banyak anak-anak yang alergi terhadap kacang atau susu sapi.

Namun anak-anak pun dapat alergi terhadap telur, ikan, seafood, soya dan gandum. Anak Anda mungkin menderita alergi kalau beberapa menit atau jam setelah mengkonsumsi makanan muncul reaksi alergi. Reaksi alergi yang dapat muncul adalah:

  • Gatal-gatal
  • Mual atau muntah
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Muncul merah-merah

Beberapa gejala alergi yang berat adalah: 

  • Bengkak di bibir, lidah dan tenggorokan
  • Kesulitan bernafas karena pembengkaka pada tenggorokan
  • Sesak nafas
  • Tekanan darah mendadak turun (nyeri kepala)
  • Hilangnya kesadaran
  • Nyeri dada

Reaksi alergi yang paling berat adalah reaksi anafilaksis, yang merupakan kondisi emergensi. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Bila Anda sudah mengetahui anak Anda alergi terhadap makanan tertentu sangat penting untuk menghindari jenis makanan ini. Beberapa caranya adalah dengan membaca label makanan dengan teliti serta hindari kontak makanan alergi dengan makanan biasa. Dan selalu ingat untuk memberikan mkanan yang bernutrisi tinggi.

Mengenai gejala kemerahan menyerupai luka bakar pada wajah anak anda, sebaiknya diperiksakan langsung kepada dokter spesialis anak untuk memastikan apakah berhubungan dengan alergi, atau disebabkan oleh penyakit lain.

Berikut kami sertakan artikel terkait;

Menangani Alergi Makanan Pada Anak

 

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar