Sukses

Timbul Benjolan Setelah Berobat Telinga?

23 Mar 2015, 10:59 WIB
Pria, 15 tahun.

Ass, telinga saya sedang bermasalah di dalamnya saya sudah ke dokter tht dan ternyata ada kotoran telinga yang kering di dalamnya lalu saya diberi resep obat stelah esok harinya leher saya sebelah kiri ada benjolan kecil lunak dok saya takut kenapa2, terima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mendiagnosis benjolan, diperlukan informasi seperti: jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll. 

Apakah benjolan pada bagian bawah telinga Anda tersebut memiliki konsistensi lunak atau keras? 
Kemungkinan benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening. Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar getah bening biasanya sifatnya kenyal, mudah digerakkan, permukaannya rata dan seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. ApakahAnda sedang sakit (pilek, batuk, sakit telinga, dll)? Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter  menyangkut diagnosis benjolan Anda.

Benjolan tersebut bila berukuran kecil, namun terasa sangat nyeri, kemerahan, berbentuk seperti bisul maka kemungkinan adalah otitis eksterna. Ini adalah suatu penyakit infeksi bakteri ringan di telinga luar yang lama kelamaan akan sembuh sendiri.

Benjolan yang bersifat kanker biasanya akan membesar dengan cepat, permukaannya kasar, sifatnya keras, sulit digerakkan.

Bagaimana dengan benjolan Anda? Jika memang benjolan tersebut mengkhawatirkan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, diagnosis dini dan penanganan yang optimal. Namun perlu Anda ketahui, umumnya pengobatan yang ditujukan untuk menangani kotoran telinga tidak akan menyebabkan timbulnya benjolan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar