Sukses

Konsultasi Hasil Lab

01 Apr 2015, 08:31 WIB
Pria, 21 tahun.

dok, saya melakukan tes vdrl/rpr dan tpha dengan hasil vdrl/rpr 1:1 dan nilai rujukan non reaktif. sedangkan tpha non reaktif. lalu saya mengulang kembali tes vdrl disertai tes HIV dengan hasil vdrl non reaktif dan HIV non reaktif. apa yang sebenarnya terjadi,dan yang harus saya lakukan? mengingat saya cemas karena bagian bawah lutut kanan dan telapak kaki saya sering nyeri.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Veneral Disease Research Laboratory (VDRL) adalah pemeriksaan skrining untuk penyakit sifilis. Pada orang sehat, hasilnya negatif. Hasil VDRL 1:1 menunjukan positif. Berdasarkan penelitian VDRL positif , dapat disertai dengan hasil positif palsu atau benar-benar positif dengan titer rendah. Hasil positif palsu dapat dibagi menjadi 2 yatu :

  • Akut : dapat disebabkan infeksi virus , bakteri , imunisasi , parasit malaria
  • Kronik : dapat disebabkan oleh SLE , penyakit kardiovaskular , gangguan autoimun dan paling sering (70%) ditemukan pada wanita .

Untuk itu memang perlunya konfirmasi dengan Treponema pallidum aglutination assay  (TPHA) . VDRL dan TPHA positif menunjukkan kemungkinan besar positif sifilis. Apakah sebelumnya pemeriksaan Anda pernah positif juga? Sifilis dapat saja belum sembuh benar, kambuh, atau terkena infeksi ulang. Pengobatan sifilis adalah dengan memberikan antibiotik. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Untuk menambah wawasan Anda mengenai sifilis Anda dapat membaca artikel berikut Syphilis - Sifilis (5 Juli 2010) 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar