Sukses

Keluar Darah Pasca Berhubungan Seksual

23 Mar 2015, 13:03 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya kenapa ketika saya baru pertama kali berhubungan intim dengan pacar saya , penis yg dimasukan tidak tepat pada vagina dan menyebakabkan saya merasa sakit yg luar biasa , setelah sehabis berhubungan intim saya ke toilet krna dan buang air kecil, ketika saya buang air kecil saya melihat bnyak darah yg keluar , 2 kali saya buang air kecil darah itu selalu keluar, darah itu asalmya darimana ya dok ? dan apakah itu berbahaya dan bagaimana cara mengatasinya ? makasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah keluhan keluar darah hanya setelah berhubungan? Apakah darah hanya keluar sesaat atau terus menerus hingga beberapa hari? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan, misalnya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan sehingga jaringan pintu vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina) menyebabkan perobekan jaringan vagina. Hal ini terutama terjadi bila wanita masih belum penuh terangsang (belum banyak dihasilkan pelumas vagina), hal ini dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. 

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar