Sukses

Mengobati Rhinitis Alergi

26 Oct 2015, 21:28 WIB
Pria, 16 tahun.

dok,saya mau nanya,saya ada bengkak di rongga hidung saya karena alergi,saya dibilang dokter alergi yang dingin dingin kayak AC dan minuman yang sangat dingin,soalnya saya sebelumnya terkena asam lambung dan opname di rumah sakit,pas pulak saya flu dan di ruangan tempat saya dirawat,ber AC,jadi mungkin karena disitu saya tidak tahu saya alergi AC(dingin),jadi bengkak dia jadinya.. yang mau saya tanya dok,saya kenak penyakit apa?? dan gimana cara ngobatinnya agar betul betul sembuh dan tak kambuh lagi?? mohon infonya ya dok...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Jika gejala yang muncul ketika anda terpapar alergen (pencetus alergi) adalah hidung yang tersumbat, banyak mengeluarkan sekret (meler), dan gejala gangguan hidung lainnya, maka kelainan yang Anda alami adalah Rhinitis Alergi.

Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi, yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.

Rhinitis  alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen yang mekanisme ini diperantarai oleh IgE.

Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. Pengobatan menggunakan obat antialergi adalah obat yang sering dipakai atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat Kortikosteroid dapat juga digunakan jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Sedangkan Tindakan Operasi (konkotomi) dilakukan jika tidak berhasil dengan cara diatas. Selain itu dapat juga diberikan Imunoterapi.

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar