Sukses

Perut Kembung

20 Mar 2015, 15:46 WIB
Wanita, 32 tahun.

Sebulan terakhir ini perut saya sering kembung dan nyeri apalagi kalo mengkonsumsi makanan pedas (sedikit saja cabai) atau jajanan yg kurang bersih. Mengapa perut saya sensitif sekarang padahal sebelumnya tidak.

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri perut disertai dengan perut kembung, perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit tentang keluhan peningkatan asam lambung atau disebut sindrom dispepsia.

Syndrome dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dyspepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Penyakit maag adalah gangguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering terlambat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda) dan makanan yang terlalu manis.

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Hindari konsumsi soda dan alkohol. Apabila Anda merokok, harap berhenti merokok. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

  7. 1-2 jam sebelum tidur sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan besar

  8. Anda bisa melakukan olahraga dalam bentuk apapun, yang penting jaga hidrasi Anda

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul).

Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole. 

 

Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Namun sekali lagi, untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Ceritakanlah dengan lengkap keluhan yang dirasakan agar  Anda mendapatkan tatalaksana yang optimal. Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar