Sukses

Ingin Hamil, Keputihan

20 Mar 2015, 15:47 WIB
Wanita, 29 tahun.

met siang dok, dok mau tanya sy mens tgl 9 feb 2015 tp sampai sekarang lom mens lg, sudah sy tes hasil nya negatif dok sy sering keputihan warna nya bening kental tidak berbau apa itu penyebab nya yaa dok??? sy pengen sekali dok punya baby. terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluhan Anda saat ini adalah terlambat haid. Anda dapat menghitung satu siklus haid mulai dari hari pertama haid sebelumnya hingga ke hari pertama haid berikutnya. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid Anda selama ini? Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. 

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif.

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

1.  Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.
 

2.  Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama .
 

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif 
seperti:
   - Pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
   - Obat diuretik dan obat anti Parkinson
   - Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin
   - Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes

4. Tumor

Selain itu Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan   plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopik) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  •  perasaan lelah

  •  daerah sekitar puting susu menghitam

  •  peningkatan suhu tubuh

  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Oleh sebab itu kami sarankan Anda untuk langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium darah, USG kandungan agar dapat diketahui kepastian kehamilan Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 
Jika keputihan termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu. Jika Anda sering mengalami keputihan, maka yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan daerah vagina, yaitu:
  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab

  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat

  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam

  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu

  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur/antibiotik/antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Keputihan yang berlangsung terus menerus tanpa pengobatan yang tepat dapat menimbulkan berbagai komplikasi selama kehamilan, seperti ketuban pecah dini, bayi lahir prematur, infeksi cairan amnion dan lain sebagainya. Selain itu apabila Anda merencanakan kehamilan, adanya keputihan juga dapat menghambat terjadinya pembuahan. Oleh karena itu Kami sarankan Anda konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Kami sertakan artikel:

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat.  

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar