Sukses

Pertumbuhan Rambut Bayi

20 Mar 2015, 14:27 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok , bagaimana ya solusinha agar rambut bayi cepat tumbuh lebat dan sehat, bayi saya digundul setelah umur 1 bulan dok dan sekarang bayi saya sudah umur 3 bulan dan rambutnya hanya tumbuh sedikit saja dan tidak ada kemajuan ,bagaimana ya dok cara mengatasinya ? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Rambut pada bayi adalah rambut velus, yaitu rambut sementara yang akan habis setelah usianya mencapai 1-3 bulan, kemudian digantikan rambut permanen.

Tumbuhnya rambut permanen sangat bervariasi. Ada bayi yang rambut permanennya tumbuh dalam waktu bersamaan dengan rontoknya rambut pertama sehingga tidak pernah terlihat botak. Sedangkan ada beberapa bayi yang rambut permanennya baru tumbuh setelah usia 1-2 tahun. Hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Selain itu, pada usia anak 3-6 bulan terkadang pertumbuhan rambut agak lambat atau tidak merata karena masih sering berbaring. Jika anak sudah mulai belajar duduk maka pertumbuhan rambutnya akan lebih baik. Pertumbuhan rambut juga sangat dipegaruhi oleh faktor genetik dan faktor nutrisi. Jika Orangtuanya juga termasuk yang berambut tipis dan tidak lebat maka dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut anak. Faktor nutrisi yang cukup juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

Agar rambut bayi tumbuh dengan baik, Anda dapat melakukan;

  • memberikan gizi yang baik.

Gizi yang baik akan memberikan rambut bayi yang sehat. Pastikan bayi Anda menerima asupan Protein (telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan), Asam lemak Omega-3 (ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol), Zat Besi (bayam, kacang merah, tomat, kentang), Vitamin (buah-buahan, sayuran, kacang hijau, gandum)

Jika bayi Anda masih dalam masa ASI Eksklusif (6 bulan), maka ibunyalah yang harus mengkonsumsi berbagai asupan bergizi ini.

  • Jaga Kesehatan Rambut bayi

Jagalah kebersihan rambut dan kulit kepala bayi Anda. Gunakanlah shampoo khusus bayi, karena selain tidak mengandung zat kimia sebagaimana shampoo untuk orang dewasa, ia pun tidak pedih di mata. Keringkan rambutnya secara perlahan, dan jangan digosok terlalu kencang. Gunakan sisir bergigi besar dan jarang, atau sisir sikat

Untuk itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan pertumbuhan rambut si buah hati. Pantau pertumbuhan dan perkembangannya. Jika pertumbuhan dan perkembangannya baik maka anak Anda dapat tetap sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar