Sukses

Liur Bercampur Darah

17 Apr 2015, 11:00 WIB
Wanita, 34 tahun.

kenapa setiap bangun tidur, air liur saya selalu bercampur dengan darah. namun jika sedang beraktifitas, air liurnya normal. bahkan sewaktu menyikat gigi, busanya tidak ditemukan darah. keluhan ini sudah berjalan sebulan. dokter hanya menyarankan untuk menyikat gigi & menggunakan obat kumur. setelah menggunakan memang terasa air liur menjadi lebih encer & bersih. tapi ketika tidur (entah pagi atau siang atau sore), air liurnya akan kembali bercampur dengan darah. oleh karena air liur saya berdarah, secara reflek saya selalu menahan air liur sehingga tenggorokan menjadi kering. hal ini menyebabkan saya selalu menjadi terjaga (was-was kalo tidur). kira-kira ini kenapa ya pak/bu? terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Liur bercampur darah perlu dibedakan penyebabnya apakah dari saluran pernapasan atau saluran pencernaan. Jika disebabkan oleh saluran pernapasan biasanya disertai dengan keluhan batuk atau sesak. Apakah Anda merokok? Bila juga terdapat keluhan pada saluran pernapasan, terdapat beberapa kemungkinan yang mungkin berperan dengan kondisi yang Anda alami seperti Emfisema, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), dan TB. 

Sementara bila terdapat gejala dari saluran cerna, perlu dipikirkan sumber gangguan saluran cerna seperti pecahnya varises esofagus, perlukaan saluran cerna/lambung, sirosis hepatis biasanya keluhan yang dirasakan adalah muntah diserati darah berwarna kehitaman.

Selain itu, liur bercampur darah juga dapat disebabkan oleh iritasi pada tenggorokan. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter THT atau dokter penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung, penegakkan diagnosis, dan terapi yang optimal. 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar