Sukses

Belum Sembuh Setelah Dirawat di RS

26 Oct 2015, 21:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dokter, saya baru selesai menjalani rawat inap di RS selama 3 hari 4 malam, sudah berobat kepada 2 RS, namun keadaan saya masih saja seperti ini. RS pertama memberikan saya obat-obatan untuk gastritis, namun saya rasa pengobatannya tidak berpengaruh. Namun pada suatu ketika saya dilarikan ke emergency di RS yang kedua, para dokter disana menyatakan bahwa saya mengalami gejala demam berdarah, dan sayapun menjalani rawat inap disana. Namun saya bingung sekali dengan keadaan saya. Karena dari hasil lab, trombosit saya bagus, memang sering demam, namun gejala yang sering saya rasakan yaitu pusing hebat, rasa lemas, dan tenggorokan saya terasa seperti tercekik atau terasa ada yang memberikan beban. Namun yang saya bingung lagi, ketika saya merasakan pusing hebat dari kepala belakang hingga menyakitkan mata dan hidung sebelah saya, tensi saya dalam keadaan normal. Saya mohon dokter, berikan tanggapan anda mengenai keadaan saya. Sampai saat ini keadaan saya masih belum membaik. Setelah keluar RS, gejala itu selalu timbul, padahal hasil medis mengatakan saya sudah sehat. Terimakasih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sulit bagi kami untuk menentukan penyakit penyebab keluhan Anda dengan informasi yang terbatas. Sejatinya dalam menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan secara langsung, baik fisik maupun penunjang, agar menghindari kesalahan dalam penggambaran gejala dan tanda penyakit.

Namun, jika setelah dilakukan pemeriksaan dan terdapat bukti objektif bahwa hasil pemeriksaan Anda masih dalam batas normal, maka perlu dipikirkan kemungkinan bahwa keluhan Anda tersebut bersumber dari pikiran, atau yan disebut dengan kelainan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu. JIka pencetus sudah diketahui, maka Anda perlu mencari cara agar pencetus itu tidak lagi mengganggu Anda, dan meyakinkan diri bahwa hal tersebut hanya ada dipikiran Anda saja, bahwa sebenarnya hal tersebut tidak terjadi dalam tubuh Anda, dan saat ini Anda sehat-sehat saja

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar