Sukses

Seputar Kuret

20 Mar 2015, 16:56 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang dok, sesuai diagnosa dokter kandungan saya janinnya sudah mati. Saya binggung dokter memberikan solusi di kuret atau obat!saya mau tanya bahaya kuret ?resiko tidak kuret tapi pake obat

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan dan turut prihatin atas kejadian yang dialami oleh Anda. Terapi abortus tentu harus disesuaikan dengan jenisnya. Abortus imminens (ancaman keguguran) juga masih bisa dipertahankan jika kehamilannya berkembang normal dengan cara istirahat baring total dan pemberian obat-obat penguat rahim dan untuk menghilangkan kontraksi rahim. Sedangkan abortus inkomplit diperlukan kuretase.

Jika benar janin sudah tidak dapat dipertahankan lagi, maka evakuasi janin merupakan pilihan yang harus diambil. Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Pada kasus Anda, harus diketahui terlebih dahulu jenis abortus yang Anda alami. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG rahim untuk mengetahui apakah masih ada jaringan yang tersisa dalam rahim atau tidak.

Berikut kami lampirkan artikel yang berkaitan untuk menambah informasi Anda :

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar