Sukses

Riwayat Kanker Payudara pada Keluarga

20 Mar 2015, 10:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok ibu saya sudah mengidap kanker payudara, penyakit itu katanya penyakit turunan. kedua kakak saya tekena penyakit pengkristalan air susu sama kanker payudara dini. dok apakah sy juga bisa terkena penyakit kanker? solusinya apa ya dok?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang, pada umumnya kanker payudara dapat diturunkan secara genetik.

Dengan melakukan pemeriksaan genetik, kita dapat mengetahui apakah kita memiliki mutasi gen yang meningkatkan risiko kanker payudara serta kanker ovarium. Mastektomi ganda sebagai tindakan pencegahan (preventif) seperti yang dilakukan oleh Angelina Jolie dapat menjadi pertimbangan bila terdapat riwayat keluarga dengan kanker yang sangat kuat dan/atau apabila pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA1/2 seperti yang terjadi pada Angelina Jolie. Pemeriksaan genetik ini tidak rutin dilakukan dan saat ini hanya disarankan untuk perempuan dengan riwayat keluarga yang mengindikasikan kemungkinan adanya mutasi gen.

Perlu diketahui bahwa pada umumnya, seorang perempuan memiliki risiko kanker payudara sebesar 12% dan kanker ovarium sebesar 1%. Karena itu hal yang paling penting adalah menurunkan risiko tersebut dengan cara:

  • Menjalani pemeriksaan skrining secara teratur: pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulan pada hari 7 – 10 siklus menstruasi. pemeriksaan payudara oleh dokter, dan mammografi atau USG payudara.
  • Menjaga berat badan dan berolahraga: pilih makanan yang sehat, lakukan aktivitas fisik rutin.
  • Ketahui riwayat keluarga dengan kanker payudara
  • Ketahui risiko dan keuntungan terapi penggantian hormon (beberapa perempuan melakukan terapi ini untuk mengatasi gejala menopause. Tanyakan kepada dokter mengenai risiko dan keuntungannya serta apakah terapi tersebut tepat untuk kasus.
  • Kurangi jumlah konsumsi alkohol.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar