Sukses

Pertumbuhan Anak Lambat

26 Oct 2015, 22:32 WIB
Wanita, 28 tahun.

Anak saya umurnya 2 thn lebih tp BB nya hanya 9 kg.padahal masalah makan lumayan rajin ketimbang anak2 seusianya.apa ya penyebab nya hingga pertumbuhannya begitu lambat?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan kurva yang dikeluarkan oleh NCHS, sesuai dengan usia, berat badan anak Anda sebetulnya memang tergolong sedikit kurang. Berat badan yang ideal untuk seusia anak Anda seharusnya adalah 11 kg - 14,5 kg.

Kurva atau tabel pertumbuhan anak memberikan gambaran besar mengenai pertumbuhan fisik anak. Perbandingan ukuran berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala,  akan memudahkan Anda untuk memantau apakah anak tumbuh sesuai dengan usia anak pada umumnya. Namun jangan terlalu terpaku dengan angka persentil yang tertera. Yang terpenting adalah anak tumbuh dalam laju pertumbuhan yang stabil dan perkembangannya normal.

Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada anak dan bervariasi dengan kecepatan pencapaian yang berbeda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut, di antaranya faktor genetik atau keturunan, hormonal, dan lingkungan. Faktor lingkungan terdiri atas status nutrisi atau gizi, hormonal, kondisi sosioekonomi, psikososial, hingga adakah penyakit yang diderita.

Penyakit ringan, atau perubahan pola makan juga dapat mengakibatkan sedikit penurunan.

Beberapa informasi perlu digali apabila anak dicurigai mengalami gangguan pertumbuhan:

  • Apakah anak memperoleh ASI?
  • Apakah terdapat masalah saat pengenalan makanan padat?
  • Apakah anak memiliki riwayat alergi makanan?
  • Siapa yang memberikan makanan pada anak?
  • Bagaimana pola dan perilaku makan anak? Apakah ketika makan perhatian anak teralihkan (oleh mainan, televisi, dan lain-lainnya)?

Jika faktor resiko pada anak telah dikenali maka akan mempermudah untuk mengatasi penyebab keterlambatan pertumbuhan anak Anda. Untuk itu, Tingkatkan frekuensi pemeriksaan ke dokter untuk memastikan anak dapat mengejar berat badannya kembali.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar