Sukses

Hepatitis

19 Mar 2015, 16:14 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dokter, saya wanita usia 21 tahun, tinggi 165cm, beratnya 71kg. Saya pekerja, dan belum menikah. Saya mau cerita dulu dok, waktu saya kecil, saya mengalami sakit dimana semua badan saya kuning, malam hari sering demam, perut sakit. Lalu saya dibawa ayah ke dokter, kata dokter saya kena penyakit liver, dan ternyata dua kakak dari ibu saya juga kena liver, tapi ibu saya tidak kena liver, kata ibu. Kemudian saya terapi berbulan-bulan, akhirnya lumayan mendingan. Yang mau saya tanyakan, jika saya menikah nanti, apakah saya bisa punya anak dan melahirkan secara normal ? Dan apakah penyakit liver akan menurun ke anak saya ? Lalu apa itu penyakit liver dok ? Saya berharap ada jawaban yang baik, dan terima kasih atas jawabannya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Hepatitis adalah penyakit gangguan fungsi hati yang disebabkan karena virus Hepatitis. Virus Hepatitis yang paling banyak menyerang manusia adalah virus Hepatitis A, B, dan C. Gejala pun dapat bermacam-macam tergantung jenis gangguan hati yang dialami. Gejala hepatitis pada umumnya adalah:

  • Demam
  • Perut begah
  • Mata kuning
  • BAK seperti warna air teh
  • Mual/muntah
  • badan lemas/cepat lelah
  • nyeri di daerah ulu hati
  • Perubahan pada buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK)

Jenis pengobatan yang akan dilakukan tergantung kepada jenis gangguan hati yang diderita. Salah satu cara untuk melihat fungsi hati adalah dengan pemeriksaan SGOT dan SGPT. SGOT dan SGPT merupakan enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan. 

Hepatitis A ditularkan melalui makanan. Seseorang akan menderita hepatitis A jika makan makanan yang tercemar oleh virus tersebut. Sementara hepatitis B dan C ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Penularan hepatitis B dan C dapat terjadi melalui transfusi darah, hubungan seksual, dan jarum suntik atau benda-benda yang mengandung komponen darah dan cairan tubuh penderita. Jika tidak diobati, hepatitis B dan C dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati di kemudian hari.

Bagaimana dengan riwayat Anda? Jenis hepatitis yang mana yang Anda derita ketika kecil? Apabila jenis hepatitis A maka kemungkinan tertular pada anak Anda tidak ada. Namun apabila hepatitis B dan C kemungkinan tertular ada dan perlu dilakukan tindakan pencegahan kepada pasangan Anda ketika Anda menikah nanti.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar