Sukses

Seks Saat Haid, Bisakah Hamil?

19 Mar 2015, 09:11 WIB
Pria, 25 tahun.

Dokter. Saya derry. Saya ingin bertanya. Apakah bisa istri saya hamil jika kami berhubungan pada saat menstruasi awal. Seperti pada hari ketiga ataubke empat mentruasi. Terima kasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Menstruasi adalah peristiwa pelepasan dinding rahim yang terjadi apabila tidak terjadi pembuahan oleh sperma. Pembuahan akan terjadi apabila terjadi pertemuan antara sel telur dengan sperma yang terjadi pada saluran telur rahim. Pelepasan sel telur dikenal dalam dunia medis sebagai ovulasi. Jika siklus menstruasi istri Anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi adalah perkiraan hari pertama haid berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi selang 2-3 hari. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.

Salah satu tanda adanya kehamilan adalah dengan telatnya hadwal haid seorang wanita.Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  •  perasaan lelah

  •  daerah sekitar puting susu menghitam

  •  peningkatan suhu tubuh

  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk menentukan ada tidaknya pembuahan atau kehamilan dengan lebih dini dapat dengan melakukan pemeriksaan hormon di rumah sakit. Untuk itu Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

Salam,

1 Komentar