Sukses

Suara Serak

19 Mar 2015, 05:11 WIB
Pria, 43 tahun.

Suara saya parau apa penyebabnya.dan tindakan apa yg hrs dilakukan..kata doktor penyakit pita suara

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berapa lama Anda sudah mengalami keluhan ini? Apakah bertambah parah? Apakah pekerjaan Anda?  Apakah Anda mengalami gejala lain seperti nyeri menelan, sulit menelan, atau sesak napas? Apakah Anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter spesialis THT? Suara yang serak dapat diakibatkan karena adanya masalah pada pita suara.

Pada mereka yang memang menggunakan suara secara berlebihan, seperti, penyanyi profesional, guru, dosen, atau mereka yang sering berbicara dan menggunakan suara berlebihan dapat terjadi pembengkakan pita suara yang disebut sebagai nodul pita suara atau polip pita suara. Nodul pita suara biasanya terjadi pada kedua pita suara secara simetris. Keduanya biasa diketahui karena keluhan serak pada suara. Atau suara serak juga dapat merupakan salah satu tanda pada penyakit peradangan atau kanker laring. Kami sertakan artikel yang berjudul: Serak Bertahap, Waspadai Kanker Laring.

Mengingat keterbatasan kami dalam memperoleh informasi lengkap dan melakukan pemeriksaan fisik, kami saranakan Anda segera mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik lengkap untuk menentukan penanganan yang optimal. Dokter THT juga dapat melakukan teropong untuk melihat keadaan pita suara Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar