Sukses

Bengkak Di Ketiak

19 Mar 2015, 10:57 WIB
Wanita, 17 tahun.

assalamualaikum, saya ingin bertanya. apakah bengkak di samping ketiak merupakan salah satu ciri kalau kita terkena kanker payudara? karena disamping ketiak sebelah kanan saya terasa bengkak namun tidak berjendol. tolong kasih saran apa yang harus saya lakukan, terima kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan.  Apakah bengkak ini menimbulkan rasa nyeri?Apakah sebelumnya ada luka/bengkak di tempat yang sama akibat mencukur bulu ketiak, pemakaian deodoran? Apakah Anda banyak berkeringat? Adakah riwayat batuk lama sebelumnya?Apakah berat badan dan napsu makan Anda menurun?Apakah Anda mengalami keringat malam?

Apabila sebelum adanya bengkak ini memang sebelumnya ada luka di tempat yang sama seperti dari pemakaian deodoran dan pencukur bulu ketiak, banyak berkeringat, tidak ada riwayat batuk lama sebelumnya, tidak ada penurunan berat badan dan napsu makan, tidak ada keringat malam, maka kemungkinan Anda mengalami Hidradenitis. 

Hidradenitis merupakan infeksi kelenjar keringat yang biasanya disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Infeksi ini biasanya mengenai usia sesudah akil balik sampai dewasa muda. Sering didahului oleh luka kecil yang dipicu oleh keadaan banyak keringat, pemakaian deodoran, dan menggunting bulu ketiak.  Apabila didiamkan dapat menjadi bisul yang besar (abses) dan memecah.

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter umum atau dokter spesialis kulit kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditatalaksana secara optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar