Sukses

Gejala Sisa Stroke

27 Oct 2015, 20:20 WIB
Wanita, 57 tahun.

Dok ibu saya dulunya gejala stroke ringan bahkan sempat dirawat karena tensinya terlalu tinggi. Sekarang tensinya 130/80, namun ibu saya susah untuk berjalan, terasa panas dileher bagian belakang, susah berbicara dan menelan makanan, sering merasakan bibirnya itu mengkerut. Bagaimana ya dok ? apakah ada kemungkingkan bisa pulih kembali ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gejala-gejala seperti susah untuk berjalan, terasa panas dileher bagian belakang, susah berbicara dan menelan makanan, sering merasakan bibirnya mengkerut dapat merupakan sebagai gejala sisa stroke yang pernah dialami oleh Ibu Anda. Apakah gejala sisa ini bisa sembuh atau kembali normal?

Kesembuhan stroke sulit dipastikan karena ada yang sembuh dan dapat beraktifitas semula namun ada yang cacat sisa bahkan ada juga yang meninggal. Kesembuhan stroke ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain :

  • lokasi dan luas area kerusakan otak  (pembuluh darah mana yang tersumbat),
  • umur,
  • tipe stroke,
  • cepat lambatnya penanganan serta kerjasama tim medis dengan pasien dan keluarga.

Bila pasien bisa mengatasi serangan akut, mempunyai tingkat kesembuhan yang baik. Dan dengan rehabilitasi yang aktif, banyak pasien dapat beraktifitas dengan sendiri tanpa ketergantungan dari orang lain. 

Karena keterbatasan informasi dan sarana pemeriksaan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Saraf yang merawat ibu Anda mengenai tindakan rehabilitasi yang sesuai dengan kondisi Ibu Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar