Sukses

Pemulihan Rahim Setelah Melahirkan

20 Mar 2015, 10:57 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok setelah dua bulan melahirkan apa rahim sudah pulih??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Selamat atas kelahiran bayi Anda! Perlu diketahui bahwa proses pemulihan pasca persalinan adalah 40 hari yang berlangsung selama masa nifas. Sedangkan untuk proses penyembuhan luka kurang lebih selama 7-14 hari. Selama waktu tersebut, tidak berarti harus selalu berbaring di tempat tidur. Justru sebaiknya, melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah dapat mempercepat proses penyembuhan karena memperlancar aliran darah.

Pasca melahirkan, Anda sudah memiliki 'tugas baru' sebagai seorang ibu sehingga sebaiknya perhatian harus tetap dicurahkan pada bayi Anda agar terjalin rasa keterikatan yang kuat antara ibu dan bayi.

Selama kehamilan, rahim akan mengembang menyesuaikan besarnya dengan besar janin. Sesaat setelah melahirkan, rahim akan berkontraksi untuk melepaskan dan mengeluarkan plasenta, sekaligus menekan pembuluh darah di dinding rahim guna menghentikan perdarahan. Setelah itu rahim akan menjalani serangkaian proses untuk kembali ke kondisi sebelum melahirkan. Proses tersebut umumnya memakan waktu 6-8 minggu, atau disebut dengan masa nifas. Alangkah baiknya bila proses alami tersebut dibiarkan berlangsung sendirinya tanpa manipulasi dari luar. Lain hal nya, jika setelah melahirkan  terjadi kontraksi yang tidak cukup kuat hingga sisa plasenta masih tertinggal di dalam rahim dan menyebabkan perdarahan yang tidak kunjung berkurang atau bahkan demam. Jika terjadi keadaan demikian, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter kebidanan dan kandungan yang menangani.

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat bagi Anda:

Perawatan Pasca Melahirkan

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar