Sukses

Pilek Tak Kunjung Sembuh

15 Apr 2015, 14:58 WIB
Wanita, 23 tahun.

dokter saya mau tanya,sudah 1 bulan ini saya mengalami semacam pilek namun tidak kunjung sembuh,apa saya alergi ya,sebab bila dalam lingkungan ber AC hidung saya langsung mampet dan seperti flu dan di sertai bersin2 juga dan bila tidak di lingkungan AC tidak mampet seperti flu,saya harus bagaimana ya dok? terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama keluhan dirasakan? Apa warna lendir pilek Anda?  Bagaimana dengan aktivitas Anda sehari-hari? Apakah Anda sering lelah? Pilek dapat merupakan suatu gejala dari ISPA (infeksi saluran pernafasan akut akibat virus atau bakteri), atau karena alergi.  

Jika keluhan pilek sudah lama Anda rasakan, bisa jadi penyebabnya adalah alergi. Pada rhinitis alergi, perlu dicari apa yang menyebabkan terjadinya alergi tersebut dan dilakukan penghindaran agar kejadian alergi tidak terjadi berulang-ulang. Mungkin penyebab pilek Anda belum sepenuhnya terhindari atau ada hal lain yang menyebabkan pilek Anda. Apakah AC sudah dibersihkan? Bisa jadi Anda alergi terhadap debu dari AC yang kotor, atau karena udara yang dingin.

Untuk pilek karena alergi kemungkinan sering kambuh di pagi hari, atau di saat udara dingin atau perubahan cuaca. Cobalah menghindari pemicu alergi tersebut dan dilihat apakah terdapat perbaikan gejala. Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk pilek seperti anti-histamine atau pseduoefedrine. 

Bila memang belum sembuh maka kemungkinan juga disebabkan oleh infkesi bakteri. Namun infeksi ini ditandai dengan demam, riak/lendir bewarna hijau, sesak, batuk yang berat, dan perburukan kondisi. Bila terjadi hal ini maka diperlukan antibiotik. 

Kami sertakan artikel berjudul Rinitis Alergi/Alergi HidungRinitis Alergi untuk informasi selengkapnya. Jika, keluhan bersin-bersin dan seperti flu tidak menghilang juga maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Kami sertakan juga beberapa artikel yang dapat menambah wawasan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar