Sukses

Hamil, Kapan Harus USG?

18 Mar 2015, 11:10 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok. KehamilAn sy menginjak usiA 6 minggu. Kpn sy bs usg untuk memastikan kehamian sy dan melihat adanya janin dlm rahim sy. Yg ke 2 usia kehamilan brp bisa diketahui kelainan pd janin mengingat 3 minggu sblm sy mngthui klw sy hamil sy smpt mengkonsumsi obat flu dr warung

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Hasil tespack yang menunjukkan 2 buah garis meskipun samar, menunjukkan kemungkinan Anda hamil. Salah satu yang memastikan keberadaan janin Anda adalah dengan terdeteksinya detak jantung janin. Menurut Mitra AG, dkk dalam penelitian yang berjudul Transvaginal versus transabdominal doppler auscultation of fetal heart activity: a comparative study, American Journal of Obstetrics and Gynecology, detak jantung bayi dapat dideteksi pada usia 6-11 minggu kehamilan dengan menggunakan USG transvaginal dan USG perut. Untuk memastikan hal ini sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan pada usia kehamilan 8-9 minggu untuk dapat dilakukan pemeriksaan ulang. 

Untuk mengetahui adakah potensi kelainan kongenital pada kehamilan Anda, dapat dilakukan dengan USG 4D pada usia kehamilan di atas 20 minggu. USG tersebut dapat mengetahui kelainan organ yang mungkin terjadi serta kemungkinan adanya kelainan lain seperti Down Syndrome. Untuk pemeriksaan ini, Anda dapat menghubungi dokter spesialis kandungan (obstetri ginekologi) subspesialisasi fetomaternal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar