Sukses

Apakah Keguguran Harus Dikuret?

17 Mar 2015, 23:02 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya baru saja keguguran,usia kandungan saya sekitar hampir 2 bulan,tp saya takut di kuret,& hanya di kasih obat cytotec utk ngeluarin janin,& di kasih pembersih kandungan,saya ingin saya tanyakan,obat pembersih kandungan apa bisa benar2 membersihkan kandungan?& apa efeknya jika masih ada sisa2 kehamilan d dalam rahim?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran, di mana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Di antara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.
 
Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda kontrol kepada dokter kandungan agar dapat diperiksa atau dilakukan USG, untuk memastikan bahwa rahim Anda sudah bersih dari sisa jaringan abortus.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar