Sukses

Memar & Bengkak di Tempat Suntikan Donor Darah

18 Mar 2015, 17:13 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok, mw nanya seputar donor darah, mengapa terdapat ruam bengkak di tempat saya mendonorkan darah ya dok?? tepatnya di lengan kiri saya, saya mendonorkan darah pada malam hari, sebelumnya saya hanya makan ayam pecel, apakah ini normal dok??

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan memar yang dialami oleh Anda bisa saja terjadi karena pada saat proses pengambilan darah ujung jarum suntik tersebut tertarik keluar dari pembuluh darah dan melukai jaringan lunak di sekitarnya (otot, lemak, jaringan bawah kulit) sehingga darah ikut keluar melalui pembuluh darah yang bocor (pada bekas tempat suntikan), dan timbul sebagai kebiruan pada kulit. Sedangkan bengkak pada bekas suntikan bisa timbul akibat perusakan jaringan oleh jarum suntik, atau bendungan darah itu sendiri.

Keadaan ini umumnya tidak berlangsung lama, karena darah akan diserap kembali oleh tubuh, dan bengkak akan berangsur menghilang tanpa penanganan khusus. Namun pada beberapa kasus, memerlukan penanganan lebih lanjut jika ruam dan bengkak tidak kunjung berkurang akibat kondisi medis yang menyebabkan (penyakit kelainan darah seperti hemofilia, thalasemia, dsb).

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat dipahami. 

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar