Sukses

Anak Sering Gatal dan Membekas

17 Mar 2015, 12:08 WIB
Pria, 27 tahun.

Anak saya sering gatal dan membekas.. Apa solusinya

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Sayang sekali keluhan gatal pada anak Anda kurang spesifik.Berapakah usia anak Anda? dimanakan lokasi gatal pada anak Anda? Apakah di dalam keluarga terdapat riwayat atopi? Kemungkinan Anda menderita Prurigo atau dermatitis atopi. 

Prurigo adalah penyakit kulit yang dimulai sejak bayi atau anak. Kelainan kulit yang timbul terdiri atas bentol kecil berbentuk kubah yang sangat gatal, lebih mudah diraba daripada dilihat, terutama terletak pada anggota gerak. Kulit prurigo akan peka terhadap gigitan serangga dan nyamuk. Beberapa faktor lain berperan antara lain suhu, adanya parasit cacing, infeksi saluran cerna atau amandel, alergi makanan, dan adanya latar belakang atopi.

Karena penyebab prurigo belum diketahui, maka tidak ada pengobatan yang tepat. Terapi prurigo adalah menghindari hal-hal yang ada kaitannya dengan prurigo, yaitu menghindari gigitan nyamuk atau serangga, mencari dan mengobati infeksi, dan memperbaiki kebersihan diri dan lingkungan. Untuk mengurangi gatal dapat menggunakan obat antihistamin seperti CTM, loratadin, cetirizine. Untuk pengobatan oles dapat digunakan dalam bentuk bedak kocok atau salap yang di dalamnya mengandung sulfur dan menthol atau kamper untuk mengurangi gatal.

Dermatitis atopi adalah kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak dengan banyak penyebab dan bersifat kronis berulang serta berhubungan dengan riwayat alergi pada keluarga, seperti asma, rinitis alergika (sering bersin, hidung meler atau tersumbat yang disebabkan oleh alergi) , urtikaria ( biduran). Penyakit ini terjadi pada 5-20% anak dan 1-3%  dewasa. Kira-kira 80% kasus terjadi pada usia ≤ 5 tahun.

Dermatitis atopi paling sering muncul pada tahun pertama kehidupan yaitu pada bulan kedua. Kelainan mula-mula tampak didaerah muka (dahi-pipi) berupa kemerahan, benjolan kecil, dan gelembung kecil yang pecah karena garukan, berair dan membentuk keropeng. Kelainan bisa meluas ke kepala, leher, pergelangan tangan dan tungkai. Bila anak mulai merangkak, lesi bisa ditemukan didaerah lengan dan tungkai bagian bawah. Sebagian besar penderita sembuh setelah 2 tahun dan sebagian lagi berlanjut ke fase anak.                                  

Kulit anak dengan dermatitis atopi cenderung kering dan sensitif. Salah satu penyebab dikarenakan berkurangnya sawar pelindung kulit pada kulit dengan atopi. Beberapa hal berikut dapat mengurangi gejala:

  • Hindari pemakaian pakaian dan selimut yang berbahan iritatif seperti wool

  • Hindari menggosok permukaan kulit berlebihan ketika mandi karena akan mengurangi lapisan sawar pelindung kulit

  • Kurangi frekuensi mandi dengan air hangat karena akan mengurangi lapisan sawar pelindung kulit

  • Gunakan pelembab untuk kulit sensitif 

  • Hindari pemakaian pakaian yang terlalu sempit

  • Jaga kebersihan seperti cuci sprei  dan handuk secara rutin

Apabila keluhan tidak membaik, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spesialis anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar