Sukses

Nyeri Dada Kiri Menjalar Ke Punggung

17 Mar 2015, 10:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter mohon berbagi pengetahuannya. Dokter saya punya penyakit nyeri di bagian dada kiri deket ketiak tapi bukan di bawah ketiak, saat sakit, nyeri itu menjalar ke punggung dan dada saya, sesekali detak jantung saya menjadi tidak normal, tek tek tek... tek seperti memiliki jarak dokter. nyeri ini sudah saya rasakan sekitar 3th belakangan dokter, saya sudah periksa kedokter berkali2, saat rekam jantung hasil jantungnya normal, saat cek darah smw normal, saat d ronsen pun ada bagian sebelah kiri bawah ada pengkaburan, dokter mengatakan itu krn faktor lelah aja setelah itu akan kembali normal. Dan sekarang nyeri dada kiri saya sudah menjalar ke sebelah kanan dok, saya takut banget. Mohon informasi kesehatannya dok tentang keluhan yang saya rasakan dok.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami ingin bertanya, berapa lama sakit yang Anda rasakan? Apakah sakit berhubungan dengan perubahan posisi tubuh? Apakah disertai dengan keluhan lain, seperti batuk, sesak, keringat dingin, mual?

Nyeri daerah dada kiri dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, baik dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan obat anti nyeri (analgesik) atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri tersebut bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan keluhan Anda?

Untuk usia Anda, kemungkinan untuk sakit jantung umumnya kecil. Biasa keluhan nyeri dada pada usia muda disebabkan oleh masalah otot dan tulang dada atau masalah saluran pencernaan. Namun, kami tetap menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jantung bila keluhan muncul kembali.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar